Simak Fungsi Kapasitor Mesin Cuci Berikut Perlu Kamu Pahami

Kapasitor menjadi salah satu komponen penting di mesin cuci.  Kapasitor berfungsi menjadi pemacu motor dinamo mesin cuci agar bisa berputar.  Jika kamu menemukan mesin cuci tiba-tiba berhenti berputar, mungkin saja kapasitornya bermasalah. Fungsi kapasitor mesin cuci akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Mesin cuci satu atau dua tabung pasti terdapat komponen kapasitor ini.  Secara umum, pada setiap dinamo mesin cuci minimal ada satu kapasitor.  Pada mesin cuci dua tabung mungkin menggunakan dua kapasitor.  Namun sebenarnya kapasitor didalamnya hanya satu, hanya memiliki dua ukuran yang berbeda di dalam komponennya.

Fungsi Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor secara umum ialah komponen elektronik yang berfungsi menyimpan muatan listrik.  Kapasitor tersusun dari dua keping atau dua lembaran konduktor listrik, yang diantara keduanya dipisahkan isolator.  Di tiap-tiap keping konduktornya, bekerja dengan diberi muatan listrik yang jumlahnya sama namun beda muatan, yakni positif dan negatif.

Tidak jauh berbeda, kapasitor di mesin cuci juga bertugas menyimpan muatan listrik.  Muatan tersebut akan menyuplai daya listrik untuk membuat dinamo mesin cuci agar bisa berputar.  Saat pertama kali dinyalakan, mesin cuci mungkin akan memerlukan daya listrik yang lebih banyak agar motor dinamo berputar.  Ketika kapasitor bermasalah, dinamo mesin cuci tidak bisa berputar dan mesin cucipun mandeg.

Mesin cuci memiliki ukuran yang berbeda, sehingga kapasitornya juga punya beda ukuran.  Ukuran kapasitor pada mesin cuci bisa jadi berukuran 4 μF, 6 μF, 10 μF, dan 12 μF. Selain karena ukuran, perbedaan nilai ini disebabkan karena spesifikasi mesin cuci dan dayanya berbeda.

Cara Mengecek Kapasitor Mesin Cuci

Kapasitor di mesin cuci dapat dicek dengan multitester, baik yang analog maupun digital.  Untuk multitester analog, hambatan diukur dengan oHm ( Ω ). Tempelkan pin satu pada kabel kapasitor dengan pin pada multitester. Amati, jika jarum bergerak mentok lalu kembali artinya kapasitor masih optimal.

Selanjutnya, untuk pengecekan menggunakan multitester digital, hambatan diukur dengan satuan mikrofarad (F).  Cara mengeceknya dengan menghubungkan pin multitester satu dengan ujung  pin satunya ke kabel kapasitor.  Saat angka yang tertulis di kapasitor berukuran 6 mikrofarad misalnya dan angka multitester kurang dari yang tertulis, daya kapasitor sudah lemah dan kerjanya sudah tidak optimal.

Harga Kapasitor Mesin Cuci 2 Tabung

Harga Kapasitor Mesin cuci dua tabung di Tokopedia termurah dimulai dari harga Rp 14.200 model Rayden CBB60.  Sisanya ada di kisaran Rp 16.000 hingga Rp 25.000.  Harga termahal di marketplace ini mencapai Rp 90.000-an.

Harga Kapasitor Mesin cuci dua tabung di Lazada termurah dimulai dari harga Rp 17.000. Kisaran harga paling banyak ada di harga Rp 20.000-Rp 32.000. Harga termahal ada di Rp 99.000 untuk merk Sharp 11 + 3 Uf.

Marketplace Bukalapak menjual Kapasitor Mesin cuci dua tabung termurah dengan harga Rp 14.400.  Kisaran terbanyak di harga Rp 18.000 hingga Rp 25.000.  Produk termahal dipatok dengan harga Rp 75.000 dengan merk Sanken.

 

Fungsi kapasitor mesin cuci amatlah penting. Mesin cuci memerlukan kapasitor sebagai komponen kunci penggerak dinamo agar mesin bisa berputar. Kerusakan pada kapasitor menyebabkan mesin cuci tidak dapat digunakan.  Begitu juga saat daya kapasitor mulai lemah, kerja mesin cuci tidak akan optimal.  Kapasitor dapat dibeli bebas di marketplace maupun di toko listrik.  Semoga bermanfaat.