Harus Tau, Perbedaan Sabun Susu Kambing dan Sabun Komersil!

Sabun komersil merupakan andalan kebanyakan orang. Selain harga yang terjangkau, sabun komersil memiliki daya pembersih yang mampu mengangkat lapisan kulit kotor. Sayangnya, dibalik sabun komersil itu, terselubung bahan yang bisa mengiritasi kulit.

Karena hal itu, banyak orang mulai beralih pada sabun susu kambing yang dianggap menyimpan banyak khasiat. Lalu, apa yang membedakan kedua jenis sabun ini?

 

Perbedaan Sabun Susu Kambing dan Komersil

Kandungan Bahan Sabun Komersil

Sabun terbuat dari campuran lemak dan alkali. Bahan pendukung lain ikut ditambahkan untuk meningkatkan kualitas sabun, misalnya zat pewangi sintetik. Beberapa sabun komersil memiliki kadar alkali yang tinggi, hal ini bisa memicu kulit kering yang rentan terkena dermatitis dan eksem.

Kandungan Bahan Sabun Susu Kambing

Sesuai namanya, sabun susu kambing terbuat dari campuran susu kambing. Sabun ini memiliki kandungan lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Kedua jenis lemak itu proporsional dalam pembuatan sabun.

Lemak jenuh pada sabun susu kambing dapat meningkatkan produksi busa. Sementara lemak tak jenuh dapat meningkatkan kadar agen pelembab kulit. Sabun susu kambing tinggi akan asam lemak yang berperan sebagai agen eksfoliasi alami. Agen ini bertugas mengangkat lapisan kulit mati.

 

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Komersil

Kecenderungan harga yang terjangkau menjadi salah satu kelebihan sabun komersil. Sabun komersil kerap memiliki fungsi ganda, selain untuk membersihkan badan, sabun juga digunakan untuk menghilangkan noda membandel pada pakaian.

Kok bisa? Sabun komersil mengandung deterjen yang terkadang lebih efektif untuk menghilangkan noda pakaian daripada sabun khusus pakaian. Ini menunjukkan adanya zat-zat iritan yang bisa merusak merusak sel-sel kulit.

 

Kelebihan dan Kekurangan Sabun Susu Kambing

Sabun susu kambing dibuat tanpa bahan aditif kimia. Dengan bahan-bahan alami, sabun susu kambing tetap memberikan hasil yang optimal. Berbeda dengan sabun komersil, sabun susu kambing tidak menghilangkan minyak alami pada kulit. 

Kulit yang sehat dan lembab dapat mencegah timbulnya jerawat kulit. Satu-satunya kekurangan sabun susu kambing adalah harga yang lebih tinggi. Tetapi Anda tidak akan rugi setelah merasakan khasiatnya.

Sabun susu kambing bisa menjadi langkah awal kunci kulit yang sehat. Selanjutnya, Anda harus lebih selektif dalam menggunakan sabun mandi. Carilah sabun yang sesuai dengan jenis kulit Anda.