Ketahui Penyebab dan Cara Agar Septic Tank Tidak Meledak

Mempunyai septic tank sendiri adalah hal penting bagi setiap rumah tangga. Sebagai tempat pembuangan limbah kotoran manusia, maka septic tank harus didesain dengan benar. Desain septic tank yang kurang tepat dapat membuat septic tank menjadi cepat penuh dan rawan meledak. Untuk itu perlu diperhatikan beberapa cara agar septic tank tidak meledak. 

Sebelum itu maka perlu diketahui apa saja yang menyebabkan septic tank yang dimiliki berpotensi meledak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh adanya kelalaian ketika melakukan penyedotan septic tank atau karena desain septic tank yang kurang tepat. Berikut ini beberapa penyebab septic tank meledak:

1. Ventilasi Septic Tank Tertutup

Pada bagian septic tank terdapat saluran kecil yang berfungsi sebagai ventilasi udara untuk jalan keluarnya gas hasil penguraian bakteri. Apabila septic tank tidak memiliki ventilasi atau justru ventilasi yang ada tersumbat maka dapat menyebabkan ledakan. Sebab hal tersebut dapat menyebabkan tekanan gas meningkat dan membuatnya meledak. 

septic tank

2. Over Kapasitas

Septic tank konvensional biasanya dibuat dengan menggunakan tumpukan bata dan di cor beton. Ukuran septic tank tersebut hanya menggunakan perkiraan saja dan tidak berdasarkan jumlah penghuni rumah. Oleh sebab itu sebelum membuat septic tank sebaiknya perkirakan jumlah penghuni rumah agar septic tank tidak over kapasitas.

3. Menyalakan Api di Sekitar Septic Tank

Hasil penguraian limbah kotoran manusia oleh bakteri adalah gas metana. Adanya sumber api yang berada di sekitar septic tank dapat menyebabkan ledakan karena bereaksi dengan gas metana yang dihasilkan dari septic tank. Terutama ketika melakukan sedot septic tank maka harus menghindari menyalakan api saat itu sebab percikan api dapat menyebabkan ledakan.

 

Cara Mengatasi Septic Tank Tidak Mudah Meledak

Ada beberapa cara agar septic tank tidak meledak. Hal tersebut dapat dilakukan agar septic tank tetap terjaga dan aman digunakan hingga bertahun. Ini dia beberapa cara yang bisa dilakukan:

1. Membersihkan Saluran Ventilasi

Pada septic tank biotech terdapat ventilasi udara namun saluran tersebut bisa saja tertutupi oleh kotoran atau sampah. Berbeda dengan septic tank konvensional yang mana saluran ventilasinya dibuat lebih tinggi dengan memasangkan paralon agar saluran tersebut tidak tertutup apapun. Oleh sebab itu agar tidak memicu ledakan pastikan saluran gas tersebut tidak tertutupi apapun. 

Selain menyebabkan penumpukan gas di dalam septic tank. Penyumbatan saluran gas tersebut juga menyebabkan kotoran susah terurai. Dengan demikian selain menimbulkan potensi meledak juga menghambat proses penguraian sehingga septic tank jadi penuh. 

2. Memilih Daya Tampung yang tepat

Cara agar septic tank tidak meledak bisa juga dengan memilih ukuran dan daya tampung yang tepat.  Pada septic tank biotech terdapat berbagai ukuran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Pastikan untuk memilih septic tank dengan ukuran yang sesuai dengan kapasitas orang yang menggunakannya agar tidak over kapasitas. Jika ingin memasang septic tank biotech, cek di https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.

3. Menghindari Pemicu Api

Beberapa masyarakat tidak mengetahui dengan pasti lokasi septic tank yang ada di rumah masing-masing. Hal tersebut tentu berbahaya dan dapat menimbulkan masalah tak hanya berpotensi menyebabkan ventilasi udara tertutup namun juga terkena percikan api. Oleh sebab itu pahami letak septic tank yang ada di rumah dan hindari melakukan hal yang menimbulkan ledakan. 

 

Itu tadi adalah beberapa alasan yang menyebabkan septic tank biotech meledak. Oleh sebab itu perlu diperhatikan pula cara agar septic tank tidak meledak dan menyebabkan bahwa bagi sekitarnya. Memilih septic tank biotech sebenarnya juga memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan septic tank konvensional untuk selengkapnya bisa mengunjungi https://www.biotechno.co.id/septic-tank-bio/.